Mengunjungi Air Terjun di Lombok Timur, Khas dan Segar

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu pulau wisata populer yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini? Pulau Lombok semakin lama semakin dikenal oleh traveler dari mancanegara. Membuat pulau ini semakin penuh dan banyak objek wisatanya yang kian dikelola agar lebih ramah dan mudah dijangkau oleh traveler seperti air terjun di Lombok Timur yang menarik traveler.

Air Terjun di Lombok Timur
Air Terjun di Lombok Timur

Air Terjun di Lombok Timur yang Paling Populer

Bukan cuma pantai, gili, atau juga desa-desa adatnya, Pulau Lombok dikenal juga dengan keberadaan objek wisata air terjun yang jumlahnya tidak sedikit. Misalnya saja di bagian Timur dari pulau ini, ada lebih dari lima air terjun di Lombok Timur yang bisa Anda pilih sebagai objek wisata saat mendatangi Pulau Lombok. Dari mulai yang mudah untuk dijangkau, sampai yang sulit dan tidak begitu banyak didatangi traveler.

air terjun jeruk manis
air terjun jeruk manis

Ada lima air terjun yang cukup populer di Lombok Timur yaitu Air Terjun Jeruk Manis, Air Terjun Semporonan, Air Terjun Umar Maya, Air Terjun Penimbungan Rinjani, dan Air Terjun Benang Kelambu. Anda bingung ingin mendatangi air terjun yang mana terlebih dahulu? Anda bisa pilih air terjun yang letaknya tidak begitu jauh dari lokasi Anda atau yang memang mudah dijangkau dan menghemat waktu perjalanan liburan. Setiap air terjun atau gili di Lombok Timur itu menghadirkan panorama yang berbeda. Dari mulai ketinggian air terjunnya, warna bebatuan, hingga tumbuhan dan pohon-pohon yang mengelilinginya. Memang sangat senang bila bisa mendatangi semuanya dan merasakan kelebihan dari masing-masing objek wisata tersebut.

Air Populer Selain Air Terjun Di Lombok Timur

Seperti yang sudah disebutkan, jumlah air terjun yang ada di Pulau Lombok sangatlah banyak. Ada lebih dari 20 air terjun di pulau ini dan tersebar di semua bagian pulau. Selai air terjun di Lombok Timur ada juga dua air terjun lain yang sangat populer yaitu Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep. Kedua air terjun ini letaknya berdekatan dan berada di bagian Utara dari Pulau Lombok. Tepatnya di kaki Gunung Rinjani. Anda pasti sangat familiar dengan gunung yang satu ini, bukan? Jarak antara Sendang Gile dengan Tiu Kelep kira-kira hanya memakan waktu sekitar 15 menit bila dicapai dengan jalan kaki. Air Terjun Sendang Gile punya tinggi aliran air pada tebing kurang lebih 30 meter dan membuat air terjun ini terlihat sangat tinggi. Belum lagi karena letaknya yang ada di kaki gunung, tumbuhan hijau di sekitarnya tumbuh lebat dan asri.

Wisata air Terjun Sendang Gile
Wisata air Terjun Sendang Gile

Sementara Air Terjun Tiu Kelep punya tinggi aliran air pada tebing kurang lebih 45 meter. Tentu khal ini karena air terjun ini letaknya lebih tinggi dari Air Terjun Sendang Gile. Untuk bisa sampai ke Tiu Kelep, Anda haru melewati jalanan yang cukup terjal dan melelahkan. Makanya, disarankan untuk Anda yang kurang kuat berjalan jauh dan menelusuri air terjun di Lombok Timur memilih Air Terjun Sendang Gile sebagai objek wisata air terjun sudah paling pas. Karena untuk sampai ke Sendang Gile saja kita harus menaiki dan menuruni anak tangga yang jumlahnya tidak sedikit.

Bagaimana? Tertantang untuk memasukan objek wisata air terjun di Lombok Timur dan daerah bagian lain dari Pulau Lombok ke dalam agenda liburan Anda? Dengan memasukan objek wisata air terjun ke dalam agenda tour Lombok, perjalanan liburan akan terasa semakin lengkap. Apa lagi bila ditambah dengan mendatangi aneka objek wisata alam lainnya.