Desa Banyumulek dan 2 Desa Tradisional Dengan Ciri Khas yang Berbeda

Desa: Budaya memang harus dilestarikan, salah satu budaya yang dimiliki oleh Indonesia adalah budaya yang berada di desa sade, desa sukarara, dan desa banyumulek di pulau Lombok yang dihuni oleh suku sasak asli. Lombok merupakan salah satu pulau yang sangat menarik perhatian terkait dengan masalah tempat berlibur. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya para wisatawan yang berkunjung ketika musim liburan tiba.

Lombok memang mempunyai banyak sekali tujuan untuk berlibur, seperti misalnya pantai atau pulau yang mempunyai pemandangan yang indah baik pemandangan langit maupun pemandangan bawah lautnya. Ada juga wisata budaya yang selalu menjadi keunikan tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke desa budaya ini. Terdapat 3 desa wisata budaya di pulau Lombok  ini yaitu desa Sade, Desa Sukarara, dan desa banyumulek. Ketiganya mempunyai ciri khas yang berbeda mengenai suatu adat istiadat tertentu.

Ini Dia Desa Banyumulek Dengan Kerajinan Gerabahnya

Desa Banyumulek
Desa Banyumulek

Desa Banyumulek merupakan salah satu desa yang termasuk ke dalam wisata budaya pulau Lombok yang tidak boleh terlewat Anda kunjungi saat berlibur. Di desa ini juga masyarakatnya merupakan suku asli sasak. Cukup berbeda dengan desa sade dan desa sukarara, di desa ini masyarakatnya dikenal dengan kerajinan gerabahnya. Gerabah dari desa ini bahkan sudah sampai ke luar negeri. Hebat bukan? Pembuatan gerabah ini sudah menjadi tradisi dari nenek moyang dan hanya bisa dilakukan oleh generasi suku sasak.

Desa Sade Yang Unik

desa sade di lombok
desa sade di lombok

Desa Sade merupakan salah satu desa wisata di Lombok yang mempunyai masyarakat asli Lombok yaitu suku sasak. Dikarenakan merupakan sebuah desa wisata budaya, maka sudah dipastikan desa ini memiliki adat istiadat yang juga tidak akan hilang. Di desa ini para masyarakatnya masih mempunyai rumah yang sangat tradisional sekali seperti rumah yang berdekatan, masih terbuat dari bambu, atap dari alang-alang, dan masih banyak lagi.  Yang unik dari desa sade ini adalah bagaimana cara masyarakatnya dalam membersihkan rumah. Tentunya hal ini `cukup berbeda dengan desa sukarara maupun desa banyumulek. Untuk masyarakat desa sade membersihkan rumah dengan menggunakan kotoran kerbau yang dianggap lebih bersih. Dengan menggunakan kotoran kerbau ini masyarakat beranggapan bahwa rumah akan menjadi lebih bersih dan tidak menimbulkan bau. Unik bukan?

Desa sukarara 

wisata desa sukarara
wisata desa sukarara

Desa Sukarara ini juga merupakan desa yang masyarakatnya merupakan masyarakat suku sasak yang masih lekat dengan adat istiadatnya. Salah satunya adalah menenun. Di desa Sukarara ini terdapat sebauh peraturan dimana untuk wanita yang berada di desanya ini harus pandai dalam menenun. Bahkan untuk menikah wanita harus bisa menenun, jika belum bisa maka belum diperbolehkan untuk menikah. Sehingga hampir semua masyarakat yang tinggal di desa Sukarara ini dapat menenun. Baik desa sade, desa sukarara, dan desa banyumulek tentu saja tidak pelit dalam berbagi ilmu terutama pada wisatawan yang berkunjung dimana masyarakat desa sukarara dapat mengajarkan bagaimana cara menenun kepada para wisatawan. Begitu juga wisatawan dapat langsung membeli kain tenun asli yang sudah dibuat.

Itulah desa banyumulek, desa sade, dan desa sukarara yang merupakan desa budaya yang dihuni oleh suku asli sasak. Ketika Anda berada di Lombok Anda tidak boleh melupakan ketiga desa ini agar Anda juga mengetahui bagaimana budaya lain yang ada di Indonesia. Tradisi dan budaya memang harus dijaga dan terus dilestarikan, sehingga di ketiga desa ini juga semuanya diturunkan kepada keturunannya agar budaya suku asli sasak ini tidak punah. Meskipun sekarang sudah jaman modern namun tetap saja budaya tradisi nenek moyang merupakan suatu kekayaan yang tidak boleh punah. Jadi, siapkah Anda untuk berkunjung ke desa budaya ini?

sekian info mengenai objek wisata Desa Banyumulek, desa sade, dandesa sukarara memiliki ciri khas yang berbeda beda. Dan semoga ketiga desa ini bisa menjadi list rencana liburan Anda di Lombok.