Desa Wisata di Lombok yang Tradisional dan Asri

Indonesia adalah salah satu negara dengan banyak pulau serta budayanya yang sangat beragam. salah satu tempat yang menjadi tujuan favorit bagi wisatawan lokal maupun asing adalah Pulau Lombok. Pulau lombok sendiri memiliki berbagai jenis wisata di Lombok yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Mulai dari pantainya yang begitu indah, air terjun hingga gunung. Ada beragai aktivitas yang bisa anda lakukan di pulau lombok. Ada berbagai tempat yang bisa anda kunjungi. Jika anda bosan ke gunung, masih ada pantai yang sangat indah, atau jika anda ingin mengetahui bagaimana kebudayan masyarakat lombok maka anda juga dpaat berkunjung ke desa wisatanya. Ada berbagai alternatif piliah yang bisa anda lakukan. Jadi anda tidak usah khawatir akan bingung kemana jika memilih lombok sebagai destinasi liburan anda.

Desa Wisata dengan Keindahan Alam dan Kearifan Lokalnya

Berikut ada sedikit ulasan mengenai wisata di Lombok seperti berbagai tempat yang bisa anda kunjungi :

• Desa sukarera

wisata desa sukarara
wisata desa sukarara

Jika anda sedang berlibur di pulau lombok maka sebaiknya anda sempatkan untuk mampir ke desa sukarare. Desa ini merupakan desa sebagai tempat anda dapat melihat bagaimana proses kain tentun yang khas dari lombok. Desa ini terletak di kabupaten lombok tengah kecamatan jonggat. Untuk dapat mencapainya kurang lebih waktu yang dibutuhkan adalah 20 menit dari bandara internasional lombok. Sukarera sendiri merupakan desa yang terkenal di lombok akan kerajinan tenun tradisioal atau songketnya. Desa ini adalah desa kecil yang memiliki pemandanga yang begitu indah. desa ini terdiri dari beberapa dusun yaitu dusun belong lauk dan dusun belong daye. Di desa tersebut memiliki keunikan berupa kaum perempuannya mempunyai kewajiban untuk dapat menenun atau jika dalam bahasa sasaknya disebut sebagai nyesek. Kewajiban untuk menenun ini menjadi syarat pernikahan. Hasil tenunan yang khas adalah sarung songket. Biasanya sarung tersebut digunakan untu upacara adat. Tentun sendiri merupakan pekerjaan utama kaum perempuan di desa tersebut selain bertani. Anda akan menemukan berbagai toko yang berjejer di sepanjang jalan desa tersebut.

• Desa sade

desa sade lombok
desa sade lombok

Wisata di Lombok berikutnya adalah desa sade, desa ini merupakan sebuah perkampungan kecil yang berada di kabupaten lombok tengah yang dijadikan sebagai tempat wisata karena penduduknya yang masih menjaga budaya dan diwariskan dari generasi ke generasi. Warisan ini adalah warisan leluhur yang telah ada sejak 600 tahun lalu. Misalnya saja dari bentuk bangunan, adat istiadat, tarian hingga permianan musik. Anda juga bisa melihat bagaimana pakaian dan penggunaan dari peralatan sehari-hari mereka. berbagai keunikan bisa anda temui saat berwisata ke desa ini. Mulai dari keindahan alamnya hingga bagaimana penduduk setempat menjaga adat istiadatnya. Rumah penduduknya sendiri adalah rumah khas arsitektur dari suku sasak yang dindik=ngnya menggunakan anyaman dari bambu dan tiangnya terbuat dari kayu.

• Desa banyumulek

Kerajinan Desa Banyumulek
Kerajinan Desa Banyumulek

Wisata di Lombok berikutnya adalah desa banyumulek. Desa ini merupakan desa wisata yang terletak di kecamatan kediri, kabupaten lombok barat, berjarak kurang lebih 14 kilometer dari kota mataram. Desa ini ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama yang tertarik dengan kebudayaan masyarakat setempat. Delapan puluh persen penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin gerabah. Sehingga didesa ini banyak gerabah dengan kualitas yang setara dengan kualitas ekspor. Pada awalnya gerabah tersebut hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi lama kelamaan dijual untuk wisatawan atau sekarang sudah mulai untuk diekspor.