Kain Tenun Yang Cantik Di Desa Sukarara Lombok

Tak terpaut jauh dari Desa Sade, kemudian kita akan menemukan sebuah desa yang juga memiliki kerajinan tradisional yang berupa tenun. Tenun yang dibuat oleh masyarakat desa ini juga memiliki kualitas yang bagus dan handal, yang tidak kalah dari kain modern. Penting sekali buat anda saat berlibur di pulau Lombok untuk menyempatkan berkunjung ke desa yang dikenal dengan nama Sukarara. Dengan melihat dan mempelajari tetang pembuatan kain tanun, akan bisa membuat kita serasa berada di sebuah momen zaman dahulu, dan tenun yang telah anda buat bisa menjadi suatu oleh-oleh maupun suatu barang berharga yang bisa anda simpan untuk mengingatkan anda tentang Desa Sukarara.

Wisata Desa Sukarara Lombok Yang Unik

wisata desa sukarara
wisata desa sukarara

Desa Sukarara terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Kecamatan Jonggat, Lombok. Saat anda ingin mengunjungi desa ini anda akan menempuh waktu kurang lebih 20 menit dari bandara internasional di Pulau Lombok. Dan saat anda telah sampai di Desa Sade, anda hanya tinggal menempuh perjalanan yang tidak terpaut jauh dari Desa Sade. Desa Sukarara terbagi menjadi beberapa dusun yaitu Dusun Belong, Dusun Lauk dan Dusun Belong Daye.

Setiap masyarakat khusunya kaum perempuan, di wajibkan untuk bisa menenun dan bisa menghasilkan suatu kain hasil tenunan. Kemahiran dari menenun para kaum wanita yang ada di Desa Sukarara di jadikan suatu syarat pernikahan di tradisi masyarakat tersebut. Hal itulah yang membuat seorang wanita di Desa Sukarara sangatlah mahir-mahir dalam mengelola tanganya saat menenun.

Teknik menenun yang diambilnya melalui cara mengambil atau menambahkan benang pakan yang telah dihiasi dengan cara menyisipkan benang perak, emas, dan benang warna di atas benang lungsi serta terkadang juga akan dihiasi dengan kerlap-kerlip yang terpancar di manik-manik sebagai penambah kecantiknya. Dengan keindahan alam serta suasana natural yang masih terjaga di sekitar desa, akan bisa membuat kita merasa terkesan. Namun lebih-lebih dengan melihat kain tenunnya pasti akan sangatlah mengesankan.

Kain Tenun Khas Desa Sukarara Lombok

Berbagai macam kain tenun ataupun kain songket yang telah tercipta ataupun dibuat di desa ini, memang tidak diragukan lagi akan kualitasnya. Dan sering sekali kain tersebut digunakan pada saat upacara adat seperti halnya Pesat Besar ataupun Begawe Beleq. Hal ini dikarenakan tenun merupakan suatu kerajinan utama dari penduduk di desa tersebut, sehingga tidak heran jika tenun khas dari desa tersebut telah digunakan di berbagai momen-momen yang penting. Seperti halnya upacara tersebut, dan saat anda mengunjungi Desa Sukarara dengan waktu yang pas yaitu  saat upacara diselenggarakan, pasti anda akan melihat suatu kekentalan tradisi yang sangat terjaga di Desa Sukarara.

Dengan begitu saat anda melihat secara langsung cara pembuatan dari kain tenun maupun kain songket, anda bisa mengunjungi desa ini saat anda berkunjung ke kawasan Pulau Lombok. Dan saat anda telah sampai di desa ini, anda pun akan disuguhi oleh beberapa kedai yang telah menjual kain tenun dari desa setempat maupun dari desa sekitarnya. Berbagai macam kain tenun yang telah berjejer rapi menjadi salah satu hasil nyata dari kerajinan terdahulu yang sangatlah cantik-cantik dan menawan.

Nah, anda telah menyimak sedikit ulasan tentang keindahan kerajinan tradisional tenun dari Desa Sukarara, maka tidak ada salahnya jika andapun juga turut serta menjaga tradisi dan kebudayaan Indonesia melalui cara mengunjungi Desa Sukarara ini serta membeli kain tenun dari sini.

Demikian artikel kami mengenai “Desa Sukarara. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *