Ada banyak keindahan alam yang ditawarkan oleh objek wisata Lombok bagi wisatawan asing maupun lokal. Indonesia merupakan negara kepulauan mulai dari bentangan Sabang, Aceh hingga Merauke, Papua dengan gugusan ribuan pulau besar sampai kecil yang terhubung selat dan laut kiranya menjadi karakteristik Indonesia di mata dunia. Sampai saat ini, 13.466 pulau di Indonesia telah terdaftar dan terkordirnat dalam satu kesatuan Indonesia tak terkecuali Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tak sedikit orang yang mengenal Lombok dengan keindahan alamnya. Begitupun dengan keindahan alam Lombok yang sering kali menjadi destinasi ribuan orang ketika menjelajahi wisata Lombok.

Mulai dari keeksotisan pantai hingga keasrian lokalitas menjadi tujuan para wisatawan melancong wisata di Lombok . Berikut Kami hadirkan untuk Anda destinasi wisata Lombok yang wajib Anda kunjungi:

Objek Wisata Lombok yang Populer

  • Pantai Pink Lombok
pantai pink di lombok
pantai pink di lombok

Pantai Pink Lombok menjadi salah satu destinasi wisata Lombok yang kian naik daun lantaran keindahan alam dan keunikan pasirnya yang berwarna merah muda. Dengan panjang sekitar 1,5 km dan luas bibir pantai 6 meter menjadi hamparan indah Pantai Pink Lombok alias Pantai Tangsi di sekelilingi bukit yang membentuk teluk kecil, laut, dan pulau kecil yang disebut gili. Keunikan Pantai Pink Lombok dengan warna pink pasirnya sejatinya berasal dari karang merah yang telah mati dan melebur tercampur pasir putih nan lembut yang tertampak berwarna pink bahkan ungu ketika pasang air laut.

Objek wisata di Lombok yang satu ini persis dapat Anda temukan di pesisir bagian Pulau Lombok, tepatnya Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok , Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di samping itu, di Pantai Pink Lombok, Desa Jero Waru, Lombok  menjadi salah satu tempat peninggalan sejarah zaman kependudukan Jepang dengan hadirnya meriam dan gua persembunyian Jepang.

  • Gili Trawangan
gili trawangan sunset di pantai
gili trawangan sunset di pantai

Berkaca dari historis Gili Trawangan, ternyata objek wisata Lombok  yang satu ini sempat menjadi tempat pembuangan narapidana raja. Setidaknya terhitung 350 orang pemberontak Sasak dibuang raja ke pulau ini. Baru sekitar 1970-an Lombok beralih fungsi sebagai tempat persinggahan orang orang Bugis dari Sulawesi yang kemudian menetap turun temurun bersama warga Sasak dan Bali.

Menjadi pulau terbesar dari ketiga pulau kecil alias gili tak ayal menjadi incaran semua pelancong saat mengunjungi Lombok. Objek wisata Lombok yang satu ini menjadi satu-satunya gili dengan ketinggian yang cukup dari atas permukaan laut. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Gili Trawangan mampu menampung sekitar 800 penduduk jiwa dan tak kalah penting mampu memberikan fasilitas wisatawan yang paling beragam diantaranya Kedai “Tîr na Nôg”, scuba diving bersetifikat PADI, snorkeling, berselancar, dan masih banyak lainnya

Adapun sarana transportasi yang lazim digunakan wisatan saat berada di wisata Lombok ini yaitu sepeda dan cidomo alias kereta kuda sederhana khas Lombok. Dan yang paling penting, untuk bepergian dari satu gili ke gili lainnya, penduduk dan wisatawan biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat. Bila dibandingkan dengan objek wisata Lombok lainnya, Gili Trawangan terbilang cukup berbeda. Dari Gili Trawangan, kita dapat menikmati sunset dan sunrise langsung mengingat letaknya persis menghadap dan menghadap barat yang kian berdekatan. Di Gili Trawangan juga kita dapat melihat kesenian bela diri tradisional yakni presean atau stick fighting yang biasanya dipertontonkan di sekitaran pasar seni Gili Trawangan.

Itulah beberapa keelokan Lombok yang dapat Anda jadikan destinasi wisata wajib saat mengunjungi Lombok. Selamat mengarungi keindahan dan berjatuh cinta dengan Lombok!