Kenyangkan Perut dengan Jajanan Enak Khas Lombok

Masih berwisata di sekitar Lombok? Perut masih kenyang, tapi mulut masih ingin terus mengunyah? Untuk memenuhi seluruh keinginan Anda, Lombok masih akan terus memberikan kejutan untuk Anda. Wisata kuliner di Lombok, tidak hanya makanan berat saja. Untuk Anda yang masih ingin makan namun perut mulai terasa penuh, Anda patut mencoba jajanan enak khas Lombok. Apa saja jajanan khas Lombok? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus menyimak informasi di bawah ini.

5 Jajanan Enak khas Lombok

  1. Tekel atau Kue Bantal

Nama dari jajanan khas Lombok yang satu ini memiliki banyak versi, ada yang menyebutnya tekel, tikel atau kue bantal. Tekel merupakan kue basah yang terbuat dari ketan, parutan kelapa, buah pisang dan bumbu lainnya. Kemudian campuran dari bahan-bahan tersebut di bungkus dengan daun kelapa dan direbus hingga matang. Untuk Anda yang tertarik dengan si Tekel ini, Anda dapat menemukannya di Lombok bagian Timur. Atau jika Anda kesulitan, Anda dapat berburu Tekel di pasar-pasar tradisional di Lombok.

  1. Kue Kerake

Masih dari Lombok bagian Timur, jajanan enak khas Lombok yang selanjutnya ini dinamakan Kue Kerake. Kue Kerake merupakan kue yang terbuat dari ketan dan campuran gula. Oleh karenanya, Kerake memiliki tekstur kenyal, seperti jenang. Keunikan dari kue ini adalah bungkus dari kue ini yang membuatnya nampak seperti susunan bawang putih. Kue ini dibungkus dengan kulit jagung dan dibuat menonjol menjadi tiga bagian. Jika Anda bayangkan, mungkin kue ini mirip dengan “pocong”. Akan tetapi kengerian Anda akan terganti dengan rasa lezat dari kue Kerake ini. Penasaran bukan?

  1. Tombek

Jajanan ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula merah dan kelapa parut. Campuran dari bahan-bahan ini dibungkus dengan daun kelapa dan dikukus hingga matang. Makanan ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang cocok untuk Anda para pencinta makanan manis. Tidak hanya dijual bebas, Tombek biasanya juga dihidangkan untuk upacara peletakkan nisan. Bukan untuk sesembahan tentunya, melainkan untuk para tamu yang hadir dalam upacara tersebut. Tentunya, makanan ini dapat membantu Anda untuk mengisi kembali tenaga dan melanjutkan liburan.

  1. Cerorot

Jajanan enak khas Lombok yang tidak boleh Anda lewatkan berikutnya adalah Cerorot. Nama lain dari jajanan ini adalah kue mata bor, mungkin karena bentuknya yang seperti mata bor. Jajanan ini terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah. Kemudian dibungkus dengan daun kelapa atau daun lontar. Tentunya, aroma dari jajanan ini akan begitu mengugah nafsu makan Anda. Keunikan dari jajanan ini adalah cara memakannya. Anda tidak perlu membuka bungkusnya, melainkan hanya perlu menekan cerorot dari bawah (sisi runcing) dan cerorot akan keluar dengan sendirinya. Penasaran dengan rasanya?

  1. Tareq atau Goro-Goro

Tareq merupakan jajanan nenak moyang, yang kemudian diteruskan secara turun menurun. Tareq terbuat dari adonan tepung beras. Kemudian tepung beras di kukus dan diunleni dengan santan kelapa. Setelahnya ditambahkan sedikit larutan kapur sirih agar renyah. Setelah itu adonan dibentuk seperti bunga dan digoreng hingga renyah.

Bila Anda sedang berkunjung di Lombok, sebaiknya Anda jangan melewatkan kelima jajanan enak khas Lombok di atas. Selain dapat mengenyangkan Anda, jajanan tersebut dapat menjadi bekal Anda selama perjalanan. Ke lima jajanan di atas, tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Anda hanya perlu datang ke pasar-pasar tradisional terdekat di penginapan Anda. Demikian artikel tentang jajanan enak khas Lombok, semoga dapat menambah informasi Anda tentang wisata kuliner di Lombok. Selamat berlibur dan selamat menikmati!!