Keunikan Rumah Adat di Desa Sade Lombok

Desa Sade Lombok Pulau Lombok memiliki banyak sekali kekayaan budaya tradisional yang sangat khas dan juga beraneka ragam. Salah satu dari kekayaan budaya tradisional yang ada di Pulau Lombok tersebut adalah desa sade. Desa sade merupakan desa tradisional suku Sasak atau suku asli Pulau Lombok. Desa sade ini juga sering sebuah sebagai perkampungan suku Sasak asli yang masih sangat mempertahankan dan juga menjaga keaslian kebudayaan Sasak jaman dahulu, sejak zaman dahulu yaitu saat pemerintahan Kerajaan Pejanggik yang ada di Praya, Kabupaten Lombok bagian Tengah ini masih sangat menjungjung traadisinya sampai sekarang. Desa sade yang satu ini berada di Kecamatan Pujut, lebih tepatnya terletak di wilayah bagian selatan di Kabupaten Lombok bagian Tengah.

Desa Sade Lombok Keunikan Rumah Adat khas Suku Sasak

desa sade lombokMasyarakat yang ada di sesa sade lombok merupakan suku Sasak asli dari Lombok, dengan semua sistem sosial dan juga kehidupan keseharian mereka semua yang masih sangat kental dan sangat memegang teguh adat tradisi dari suku Sasak tempo dulu. Bahkan semua arsitektur rumah yang ada di desa ini masih mengusung adat khas Sasak.

Bangunan tradisional khas asak yang dapat Anda temui di perkampungan atau desa sade ini, terdiri dari 2 jenis yaitu Bale Tani dan juga Lumbung. Untuk Bale Tani adalah bangunan yang banyak dipergunakan sebagai tempat tinggal mereka, dan untuk lumbung sendiri adalah bangunan yang biasanya digunakan sebagai salah satu tempat menyimpan padi atau semua hasil panen mereka.

Bale Khas Desa Sade Lombokdesa sade

Rumah adat dari suku Sasak yang sering disebut dengan Bale Tani ini terbuat dari kayu dengan kombinasi dinding – dinding yang terbuat dari sebuah anyaman bambu dan juga beratapkan sebuah daun alang – alang yang sudah kering. Lantai dari rumah adat Bale Tani ini adalah campuran tanah, lalu juga getah pohon dan abu jerami yang selanjutnya diolesi dengan kotoran hewan, lebih tepatnya kotoran kerbau. Bale Tani ini terbagi menjadi dua bagian yaitu yang pertama Bale Dalam dan yang kedua adalah Bale Luar. Ruangan dari Bale dalam biasanya diperuntukkan untuk semua anggota keluarga wanita saja, yang sekaligus di gunakan sebagai dapur. Dan sedangkan ruangan Bale Luar diperuntukkan untuk anggota keluarga lainnya, dan juga berfungsi sebagai ruang tamu.

Bale Dalam dan juga Bale Luar ini dipisahkan dengan sebuah pintu geser dan juga anak tangga. Di ruangan Bale Dalam terdapat dua buah tungku yang terbuat dari tanah liat. yang akan digunakan untuk memasak para wanita. Masyarakat yang ada di perkampungan Desa Sade ini biasanya memasak dengan kayu sebagai bahan bakarnya. Untuk Bale Dalam ini tidak memiliki sebuah jendela, dan hanya memiliki satu buah pintu saja sebagai jalan untuk keluar maupun masuk.

Berugak Khas Sasak Di Desa Sade Lombok

wisata desa sade LombokSelain Bale Tani dan juga Lumbung, masih banyak lagi bangunan yang menjadi bangunan yang khas suku Sasak. Bangunan tersebut sering disebut dengan Berugak yang merupakan sebuah bangunan panggung yang berbentuk segi empat dan tidak memiliki sebuah dinding. tiangnya dari berugak tersebut terbuat dari bambu yang beratapkan alang-alang kering, dan disanggai oleh empat tiang atau enam tiang. Berugak ini berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu, dan biasa digunakan sebagai salah satu tempat untuk berkumpul dan berbincang – bincang serta juga bersantai selepas bekerja ataupun sebagai tempat pertemuan keluarga. Biasanya bagunan Berugak ini terdapat di depan samping kiri ataupun samping kanan Bale Tani khas sasak.

Demikian artikel kami yang membahas tentang Keunikan Rumah Adat di Desa Sade Lombok, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *