Taman Narmada, Destinasi Liburan di Pulau Lombok yang Berkesan

Jika Anda mencari tempat liburan di pulau Lombok yang bertemakan budaya, Anda dapat mengunjungi taman Narmada yang kaya akan sejarah dengan view yang menarik. Liburan dapat Anda rencanakan jauh hari. Jangan hanya tergantung dari agen travel saja, saatnya Anda menentukan pilihan untuk menentukan destinasi wisata liburan mana yang akan Anda kunjungi selanjutnya. Salah satu pilihan destinasi liburan yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan adalah pulau Lombok. Liburan di pulau Lombok menjadi salah satu liburan yang banyak dipilih karena banyaknya destinasi yang tidak biasa yang dapat Anda kunjungi di pulau tersebut. Salah satunya adalah taman Narmada. Bagi Anda yang ingin wisata yang berkaitan dengan sejarah dan budaya, Anda dapat mengunjungi taman Narmada sebagai salah satu pilihan destinasi wisata yang Anda kunjungi di pulau Lombok.

Liburan di pulau Lombok dengan tema budaya di taman Narmada

liburan di pulau Lombok
wisata taman narmada

Taman Narmada dapat menjadi salah satu pilihan karena mengunjungi taman Narmada akan membuat liburan Anda lebih bermakna. Taman ini adalah taman yang dibangun oleh raja Anak Agung Ngurah Karangasem saat usianya semakin tua dan tidak bisa lagi memanjatkan doa di gunung rinjani. Taman ini dibangun agar raja tetap dapat memanjatkan doanya pada saat upacara pakelem. Upacara rutin ini diadakan pada bulan purnama yang kelima dalam hitungan  tahun caka. Taman indah ini juga digunakan sebagai tempat peristirahatan raja dan keluarga terutama saat musim kemarau. Aman ini dibangun oleh arsitek kerajaan pada tengah kota dengan nuansa segara anak dan gunung rinjani. Tidak heran jika taman ini melambangkan keindahan 2 tempat tersebut. Adapun nama taman ini berasal dari nama sungai suci India, Narmanadi.

Keindahan taman Narmada, tempat liburan di pulau Lombok

Taman Narmada Lombok
Taman Narmada Lombok

Taman ini dikenal sebagai taman yang memiliki arsitektur yang sangat rapi dan terstruktur terutama untuk ukuran taman yang dibangun pada tahun 1700-an.  Pada bagian dalam taman Narmada Anda akan mendapati sebuah pura yang terletak di bagian atas yang diberi nama pura Kalasa. Untuk mencapai pura ini, Anda harus menaiki anak tangga yang cukup tinggi. Filosofi tangga ini dibuat agar menyerupai gunung rinjani, sehingga raja dapat merasakan seperti halnya berdoa saat mendaki gunung rinjani pada tradisi pakeleman. Setelah Anda selesai mendaki sampai ke pura, Anda akan disuguhi keindahan alam yang sangat cantik dari atas ketinggian lokasi pura berupa hijaunya pepohonan dan kolam-kolam yang tersusun rapi.

Pada bagian bawah, Anda akan mendapati kolam yang melambangkan segara anak yang berjumlah 3 buah. Kolam diisi oleh air yang berasal dari mata air yang berada di atas. Kolam dibangun bertingkat sehingga air dari mata air dapat mengalir ke kolam sampai paling bawah. Selain kolam, ada juga bale agung yang memiliki fungsi sebagai tempat rapat atau tempat musyawarah antara raja dengan pada petinggi kerajaan lainnya. Selain bale agung, ada juga bale loji yang fungsinya sebagai gudang persenjataan prajurit kerajaan.

Ada beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di taman ini. Kegiatan pertama yang dapat Anda lakukan adalah berkeliling taman Narmada. Ada banyak spot menarik yang dapat Anda abadikan dibalik mata kamera Anda. Selain berjalan-jalan santai mengelilingi taman, Anda juga dapat berenang di kolam renang yang memiliki view alami. Taman Narmada memiliki kolam renang yang konon airnya berasal dari sumber mata air yang ada di gunung rinjani. Warga sekitar percaya bahwa air di kolam tersebut memiliki khasiat membuat awet muda dan kembali sehat. Kolam renang yang kini dapat dipakai untuk umum dulunya merupakan pemandian raja. Menarik ya?

Itu dia beberapa informasi mengenai liburan di pulau Lombok di Taman Narmada yang kental dengan sejarah. Jadi tunggu apalagi? ayo buruan berlibur ke Lombok.