Makanan Khas Lombok yang Wajib Dicoba

Saat berlibur ke pulau Lombok, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Lombok yang hanya ada di Pulau ini. Ada banyak makanan yang wajib dicoba! Jika mendengar nama pulau Lombok, yang terlintas dibenak kita adalah hamparan pasir putih dan biru air laut yang menyegarkan serta keindahan alamnya yang eksotis. Meski terkenal sebagai salah satu pulau yang kaya akan wisata alamnya, Lombok juga memiliki wisata kuliner yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Lombok.

Banyak sekali makanan khas Lombok yang patut dicoba dan sayang jika Anda lewatkan. Sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi, Lombok pernah dinobatkan sebagai salah satu tempat wisata halal terbaik dan meraih penghargaan sebagai tempat wisata halal bulan madu terbaik dalam ajang International World Halal Travel Award 2015. Nah, bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan bersama dengan keluarga, jangan sampai Anda melewatkan moment untuk mencicipi berbagai makanan khas Lombok yang akan memanjakan lidah Anda. berikut adalah 10 makanan khas Lombok yang sayang untuk Anda lewatkan.

10 Makanan Khas Lombok yang Sayang Dilewatkan

  1. Ayam Taliwang
kuliner khas lombok
Ayama taliwang, kuliner Lombok

Salah satu kuliner khas Lombok yang populer di kalangan para wisatawan adalah ayam taliwang. Anda bisa mencicipi ayam taliwang dengan cara dibakar atau digoreng. Bagi Anda pecinta pedas, ayam taliwang akan memanjakan Anda dengan rasanya yang pedas yang bikin ketagihan. Ayam Taliwang terbuat dari ayam kampung pilihan yang masih muda sehingga dagingnya sangat empuk.

  1. Pelecing Kangkung

Pelecing kangkung merupakan salah satu olahan makanan khas Lombok yang berbahan dasar kangkung. Meski terlihat sederhana, namun sekali Anda mencicipi, Anda akan merasa ketagihan dengan rasanya yang nikmat. Perpaduan rasa cabai, tomat dan terasi akan memanjakan lidah Anda. Meski namanya pelecing kangkung, namun makanan khas Lombok satu ini disajikan dengan tauge dan taburan kacang goreng untuk menambah rasa nikmatnya.

  1. Nasi Balap Puyung

Makanan unik khas Lombok yang satu ini memiliki cita rasa pedas yang sangat cocok sebagai kuliner para pecinta pedas. Makanan pedas lainnya adalah nasi balap puyung. Nasi putih hangat yang disajikan dengan suwiran daging ayam, sambal, kacang kedelai goreng, taburan abon, rebon kering dan lauk sambal belut akan menggoyang lidah Anda.

  1. Sate Bulayak

sate bulayak suranadiTidak beda jauh dengan sate Madura pada umumnya. Namun yang membedakan adalah tambahan lontong yang disajikan. Lontong pada sate bulayak dibungkus dengan menggunakan daun aren dengan bentuk spiral. Sate bulayak terbuat dari daging sapi dan dipadukan dengan sambal khas Lombok yang pedas.

  1. Sate Rembiga

Daging sapi yang ada di Lombok dan Sumbawa memang dikenal memiliki daging yang empuk dan nikmat. Hsalah satu diolah menjadi sate rembiga. Nama sate ini berasal dari nama sebuah daerah yang bernama Rembiga. Sate ini memiliki rasa yang unik, perpaduan rasa manis, gurih dan pedas menjadikan sensasi yang luar biasa di lidah.

  1. Ares

Ares merupakan makanan khas Lombok yang hanya disajikan pada saat tertentu saja, seperti upacara adat atau acar pernikahan. Bahan utama makanan ini adalah pelepah pisang. Pelepah pisang yang masih muda diolah menjadi makanan yang lezat. Ares diolah dengan menggunakan santan, tidak heran jika makanan ini memiliki rasa yang manis dan gurih yang berasal dari santan.

Jika Anda berkunjung ke Lombok, jangan lupa untuk mencicipi berbagai macam makanan khas Lombok yang bisa dengan mudah Anda temukan di sepanjang jalan dan di tempat-tempat wisata. Biar nggak penasaran, sempatkan mencicipi kuliner khas Lombok sebelum liburan Anda berakhir.