Makanan Unik Khas Lombok yang Menggugah Selera

Selain terkenal akan keindahan alamnya yang masih alami, Lombok juga terkenal dengan makanannya yang tentu wajib Anda coba. Lombok pun menjadi surganya para penikmat kuliner, terutama mereka yang menyukai makanan pedas. Meski makan pedas sangat identik dengan lidah orang Indonesia, namun banyak pula turis asing yang mencoba rasa makanan unik khas Lombok yang pedas dengan aroma bumbu yang kuat ini.

5 Makanan Unik Khas Lombok yang Menggugah Selera Makan

gambar resep ayam taliwang

  • Ayam Taliwang

Salah satu makan unik khas Lombok yang pasti beberapa dari Anda sudah tidak asing lagi dengan menu makanan yang satu ini yaitu ayam Taliwang yaitu salah satu makanan paling populer yang ada di pulau Lombok. Dengan rasa khas rempah pedas yang kuat, ayam ini biasanya dimasak dengan beberapa pilihan, bisa dengan digoreng, dibakar atau dipanggang. Ayam Taliwang adalah makan khas daerah Sumba Besar Nusa Tenggara Barat. Ayam taliwang dimasak dengan berbagai macam rempah pilihan diataranya cabai, merah, bawang merah, bawang putih, terasi, kencur, gula merah dan tomat. Meski makanan ini sudah menjadi menu modern yang tersaji di restoran-restoran yang terdapat di kota-kota besar namun, jika Anda menginginkan rasa Ayam Taliwang yang lebih otentik, tidak ada salahnya Anda datang langsung ke Lombok untuk mencicipi Ayam Taliwang langsung dari asalnya.

  • Sate Rembiga

Rahasia dari kelezatan sate Rembiga, yaitu terletak pada bumbu rendaman yang digunakan. Setelah ditumbuk, daging yang sudah dipotong dadu, nantinya akan direndam ke dalam bumbu selama kurang lebih dua jam. Bumbu rendaman terbuat dari terasi, cabai merah kering, dan gula merah. Bumbu ini akan menghasilkan cita rasa yang pedas manis, khas masakan Lombok. Biasanya sate rembiga disajikan dengan lontong bulayak, yaitu lontong yang dibungkus daun aren. Itulah mengapa sate Rembiga menjadi salah satu makanan unik khas Lombok yang patut untuk Anda cicipi.

  • Sate Tanjung

Jika biasanya sate terbuat dari daging sapi, ayam atau kambing, namun makan unik khas Lombok yang satu ini justru terbuat dari ikan. Pada mulanya sate Tanjung dibuat untuk disajikan dalam acara keagamaan ataupun hajatan perkawinan, namun karena kelezatan menu makanan ini dirasa melegenda, maka semakin banyak orang yang membuat sate Tanjung meski tidak pada acara-acara keagamaan maupun perkawinan. Kelezatan sate Tanjung pun menjadikannya dinobatkan sebagai makanan khas Lombok Timur oleh Pemerintah. Dengan semakin majunya bidang pariwisata di pulau Lombok, Hal ini juga berdampak pada semakin dikenalnya makanan unik khas Lombok yang salah satunya adalah Sate Tanjung.

  • Pelecing Kangkung

Makanan khas pulau Lombok ini mungkin sudah cukup terkenal di telinga Anda. Tidak hanya di Lombok, plecing kangkung juga bisa ditemukan dengan mudah di warung-warung pinggir jalan di pulau Jawa. Meskipun begitu agar rasanya lebih otentik Anda wajib mencoba plecing kangkung dari Lombok, Nusa Tenggara Barat ini, karena dijamin kelezatan bumbunya berbeda dari bumbu plecing kangkung di tempat lain. Makanan ini terbuat dari kangkung Lombok yang ukurannya lebih besar dari kangkung pada umumnya, yang dimasak dengan bumbu khas Lombok dan biasa di sajikan dengan sate rembige.

Demikian informasi singkat mengenai 4 jenis makanan unik khas Lombok yang bisa Anda coba, semoga informasi yang diberikan dapat menjadi referensi Anda dalam berwisata kuliner di kota Lombok ini, semoga bermanfaat.