Masjid Bayan Beleq, Destinasi Wisata Lombok Bagi Anda yang Ingin Wisata Religi

Sebagai salah satu destinasi wisata Lombok, masjid Bayan Beleq merupakan salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi sebagai wisata religi. Lombok merupakan salah satu pulau yang menyimpan banyak keindahan surga dunia, mulai dari pantai, gunung, hingga wisata religi bisa Anda rasakan di pulau yang kecil ini. Pulau Lombok terkenal sebagai pulau dengan seribu masjid. Salah satu masjid terbesar yang merupakan ikon dari pulau Lombok adalah Islamic Center yang terletak di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Namun tahukah Anda, bahwa ternyata di Lombok terdapat masjid tertua yaitu Masjid Bayan Beleq yang merupakan salah satu destinasi wisata Lombok. Masjid Bayan Beleq terletak di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Masjid ini merupakan salah satu situs bersejarah yang masih dipertahankan hingga saat ini. Masjid ini terletak di sebuah perbukitan dan dikelilingi oleh makam para penyebar Islam yang ada di Lombok. Namun sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan siapa yang mendirikan masjid ini. Selain itu, belum ada sumber tertulis yang menyebutkan tahun berapa masjid ini didirikan. Masjid Bayan ini memiliki ukuran 9 x 9 meter persegi. Bangunan masjid ini terdiri dari tembok yang terbuat dari anyaman bambu dengan atap berbentuk tumpang dari bilah bambu yang biasa disebut dengan atap santek serta lantai yang masih beralaskan susunan batu kali. Selain sebagai destinasi wisata Lombok, masjid ini juga dijadikan sebagai lambang daerah kabupaten Lombok Utara.

Sejarah Masjid Bayan Beleq, Destinasi Wisata Lombok Tertua

destinasi wisata lombok
Masjid bayan beleq

Masjid Bayan Beleq yang merupakan masjid tertua yang ada di Pulau Lombok ini, meski belum ada sumber tertulis yang menyatakan tahun berapa dan siapa yang mendirikan masjid ini. Namun menurut juru kunci Masjid Bayan Beleq, masjid ini didirikan ole seorang bernama Sunan Prapen sekitar abad ke-15. Masjid ini didirikan sebagai salah satu sarana penyebaran Islam di Pulau Lombok yang kala itu masih dijajah oleh Kerajaan Karangasem yang berasal dari Bali. Banguna masjid ini berbeda dengan bangunan masjid pada umumnya. Arsitektur masjid ini masih tradisional dengan dinding dan atap yang masih terbuat dari bambu. Sebagai salah satu-satunya masjid yang berdiri di Pulau Lombok kala itu, tidak semua umat Islam bisa melaksanakan ibadah shalat di sini.

Dengan bangunan yang hanya berukuran 9 x 9 meter persegi, masjid ini hanya mampu menampung sekitar 40 jamaah. Karena itu, hanya para pemuka agama dari perwakilan tiap daerah yang ada di Lombok yang bisa melaksanakan shalat di masjid ini. Masyarakat biasa tidak diperbolehkan melaksanakan shalat di tempat ini. peraturan ini masih berlaku hingga saat ini. Sebagai masjid satu-satunya kala itu, maka terbentuklah sebuah kesepakatan bahwa hanya orang-orang tertentu yang boleh melaksanakan shalat di masjid agar tidak menimbulkan kecemburuan di kalangan masyarakat. Masjid ini ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya yang ada di Lombok sejak tahun 1993.

Masjid Bayan Beleq masih dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu. Saat ini, masjid ini sudah tidak dijadikan sebagai tempat ibadah. Namun masjid ini masih ramai dikunjungi oleh para peziarah. Selain itu, masjid ini juga sering digunakan sebagai tempat dilaksanakannya prosesi upacara adat dan masyarakat wajib menggunakan pakaian khas Lombok saat upacara berlangsung.

Akses ke Masjid Bayan Beleq

Akses ke Masjid Bayan Beleq cukup mudah, Anda bisa menggunakan jalur umum untuk bisa sampai ke sini. Anda akan lebih mudah sampai jika menggunakan akses umum ke Masjid Bayan Beleq. Jangan lupa berkunjung ke Masjid Bayan Beleq, salah satu destinasi wisata Lombok yang bersejarah.

itulah tadi sedikit informasi tantang masjid bayan beleq yang merupakan salah satu destinasi wisata lombok yang unik dan tentu saja bersejarah. jadi, ayo buruan berlibur ke lombok dan nikmati sendiri keindahan alam serta keramahan masyarakatnya.