Bingung Memilih Objek Wisata di Lombok Barat? Desa Wisata Ini Patut Dicoba

Berlibur ke Lombok mungkin menjadi impian bagi sebagian orang. Keindahan alam serta kekayaan budayanya membuat Lombok banyak dijadikan tujuan rekreasi. Hampir setiap sudut di Pulau Lombok memiliki objek wisata menarik yang patut dikunjungi, seperti di Lombok Barat contohnya. Ada beberapa objek wisata di Lombok Barat yang menarik dan tidak ada salahnya untuk dikunjungi.

Jika Anda bosan dengan lokasi wisata pantai ataupun wisata alam lainnya, Anda bisa coba untuk mengeksplorasi kekayaan budaya di pulau Lombok. Lombok menyimpan kekayaan budaya yang sangat menarik untuk diketahui dan dipelajari meliputi tradisi serta aktivitas-aktivitas masyarakat lokalnya. Mengunjungi desa wisata akan menambah wawasan Anda mengenai kehidupan masyarakat lokal yang masing memegang teguh tradisi mereka.

objek wisata di Lombok
objek wisata di Lombok

Belajar Membuat Gerabah di Objek Wisata di Lombok Desa Banyumulek

Desa Banyumulek berada di Kediri, Kabupaten Lombok Barat atau berada kurang lebih 14 km dari Mataram. Desa ini dikenal sebagai sentra kerajinan gerabahnya. Kerajinan gerabah dari Desa Banyumulek sudah dikenal hingga keluar Lombok bahkan telah di ekspor hingga luar negeri. Di desa ini keahlian membuat gerabah telah diturunkan dari generasi ke generasi sehingga sebagian besar masyarakat desa berprofesi sebagai pengrajin gerabah.

Ada banyak jenis gerabah yang dibuat oleh masyarakat desa. Bentuk-bentuk gerabah ini dibuat dengan motif khas Lombok yang tidak dapat Anda temukan di daerah lain. Pada zaman dahulu gerabah hasil buatan masyarakat digunakan untuk keperluan pribadi seperti untuk menyimpan air, peralatan memasak dan lainnya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu kerajinan ini mulai dilirik oleh pengunjung yang berasal dari luar Lombok sehingga mulai untuk diperjual belikan secara komersil. Semua gerabah di Desa Banyumulek dibuat menggunakan peralatan tradisional yang masih sangat mengandalkan keterampilan dari si pengrajin.

Jika berkunjung ke objek wisata di Lombok ini Anda bisa mempelajari dan praktek langsung untuk membuat kerajinan gerabah. Jika ingin berbelanja, Anda bisa membeli beberapa gerabah untuk dijadikan oleh-oleh untuk orang terdekat.

Melihat Kehidupan Suku Sasak di Objek Wisata di Lombok Desa Sade

Desa wisata lainnya yang tidak kalah menarik adalah Desa Sade. Desa ini berlokasi di Dusun Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Desa ini mudah dijangkau karena terletak di tepi jalanan yang sering dilalui kendaraan. Meskipun lokasinya di tepi jalanan beraspal, kehidupan masyarakat desa ini masih sangat tradisional dan memegang teguh adat istiadat yang berlaku.

Objek wisata Lombok Desa Sade ini dihuni oleh masyarakat Suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok. Anda akan menemukan suasana desa yang masih tradisional karena dihuni oleh orang-orang asli pribumi. Tradisi suku sasak masih dipegang teguh oleh masyarakat yang dapat langsung terlihat dari bentuk bangunan yang ada seperti bangunan rumah dan tempat ibadah . Rumah-rumah dibangun dari bambu dan masih beralaskan tanah. Pada zaman dahulu sebagian besar masyarakat menganut agama Islam Wektu Telu, tetapi saat ini sudah banyak masyarakat yang beralih menganut islam yang penuh.

Ada satu tradisi unik dari masyarakat suku Sasak yang tidak Anda temukan di daerah lain yaitu kebiasan membersihkan lantai rumah dengan kotoran kerbau. Kotoran kerbau yang biasanya dianggap menjijikan justru digunakan untuk mengepel lantai dengan tujuan agar rumah dijauhi oleh nyamuk. Kotoran kerbau dioleskan pada lantai rumah yang sudah diplester. Uniknya, meskipun menggunakan kotoran kerbau, Anda tidak akan merasakan bau yang menyengat ketika memasuki rumah.