4 Pesona Wisata Kuta Lombok yang Harus Dikunjungi

Kuta merupakan kawasan wisata yang semakin populer dan terkenal di kalangan turis. Tetapi, Kuta yang dimaksud di sini bukanlah Kuta Bali melainkan Kuta yang berada di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kuta Lombok menyimpan banyak tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi. Berikut 4 pesona wisata yang dapat Anda nikmati keindahannya saat berlibur bersama keluarga atau orang terkasih.

Menikmati Pesona Pantai di Kuta Lombok

Salah satu pesona wisata yang dapat dinikmati dari Lombok adalah pantainya. Dua pantai berikut dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang hendak melancong ke Lombok.

  1. Pantai Kuta Lombok
pantai kuta lombok tengah
pantai kuta lombok tengah

Pantai ini mulai terkenal di kalangan para turis yang berkunjung ke Lombok. Pantai yang suasananya belum terlalu ramai ini bisa menjadi ramai menjelang masa liburan tiba. Terletak di Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Pantai yang memiliki pasir putih ini cocok untuk dijadikan tempat berenang dan berselancar. Wisata lain yang dapat dinikmati dari pantai ini yaitu adanya Bukit Mandalika di sebelah barat pantai. Anda dapat naik sedikit untuk menikmati indahnya pemandangan Pantai Kuta dari bukit tersebut..

  1. Pantai Tanjung Aan
pantai tanjung aan di lombok
Pantai Tanjung Aan

Pantai yang berada kurang lebih 4 km dari Pantai Kuta ini bisa menjadi destinasi wisata lain saat berkunjung ke Kuta Lombok. Ciri khas dari pantai ini adalah pasirnya berbeda dari pantai di Lombok lainnya. Dalam wilayah yang sama terdapat pasir berwarna putih yang halus seperti tepung dan yang berwarna agak kekuningan berukuran agak besar seperti biji merica. Fasilitas di pantai ini cukup lengkap seperti dekat dengan resort untuk menginap. Ketika Anda berada di Pantai Tanjung Aan, jangan lupa beranjak sejenak untuk melihat wisata Batu Payung yang terletak di bagian timur pantai. Tempat tersebut didominasi oleh banyak batu-batuan dan yang terbesar menyerupai payung sehingga diberi nama Batu Payung.

Uniknya Desa Adat di Kuta Lombok yang Wajib Disinggahi

Dua desa adat yang berada di Lombok Tengah ini dapat Anda kunjungi karena letaknya jug tidak terlalu jauh dari Kuta.

  1. Desa Sade

gambar desa sadeDesa yang berada di Desa Rambita, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah ini merupakan desa adat yang dihuni oleh penduduk asli Lombok yaitu Suku Sasak. Hal unik yang dapat ditemui dari Desa Sade adalah rumah penduduknya yang tertata rapi serta terbuat dari alam berupa dinding dari anyaman bambu, sedangkan lantai dari tanah liat dan atapnya berasal dari alang-alang. Terdapat tradisi yang dapat dinikmati dari penduduk Sade pada hari tertentu yaitu Tari Pereresan, Tari Gendang Beleq, dan Tari Amaq Temenges.

  1. Desa Sukarara

Desa SukararaDesa yang letaknya tak jauh dari Desa Sade yaitu Desa Sukarara yang berada di Jonggat, Lombok Tengah. Anda tak boleh melewatkan desa ada dan unik ini sebagai bagian dari tour wisata Lombok. Anda akan menemui penjual kain tenun asli Lombok yang berjejer saat mengunjungi desa ini. Desa Sukarara memang penghasil kain tenun asli Lombok. Sebagian besar para wanitanya bekerja sebagai penenun menggunakan alat tradisional khas Lombok. Anda dapat belajar menenun sekaligus membeli oleh-oleh kain tenun khas Lombok di desa ini.

Empat tempat wisata di Kuta Lombok tersebut dapat menjadi pilihan berlibur di akhir tahun bersama keluarga Anda. Nikmati keindahan pantai dan desa adat Lombok yang asri.