Tempat Liburan di Lombok Yang Menarik

Ingin mengajak keluarga berlibur bersama? Anda perlu memilih lokasi liburan yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Lombok bisa menjadi tujuan berlibur yang pas karena ada berbagai tempat liburan di Lombok yang tidak hanya untuk bersenang-senang namun juga memiliki nilai tambah lain seperti nilai edukasi.

Pulau Lombok dapat dikatakan sebagai tujuan wisata yang lengkap dan dapat memenuhi selerea dan gaya berlibur yang berbeda. Selain wisata alam baik laut maupun pegunungan, Lombok ternyata juga menyimpan banyak kekayaan budaya lainnya yang juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jika Anda ingin liburan yang bermanfaat tidak ada salahnya mencoba mengunjungi lokasi-lokasi sejarah ataupun budaya untuk memperkaya wawasan.

tempat liburan di Lombok

Taman Narmada Situs Sejarah Sekaligus Tempat Liburan di Lombok

Di daerah Lombok Barat ada lokasi wisata sejarah bernama Taman Narmada. Taman Narmada ini tepatnya berlokasi di Desa Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Lokasi ini cukup dekat dari Kota Mataram yaitu sekitar sejauh 10 km. Taman yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini dulunya dibangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Asem di tahun 1717 dan merupakan lokasi peristirahatan keluarga kerajaan serta lokasi diselenggarakannya beragam upacara.

Taman Narmada dipugar dan dibangun kembali pada beberapa bagiannya pada tahun 1980an untuk kemudian dijadikan sebagai lokasi cagar budaya. Sampai saat ini Taman Narmada dibuka untuk umum dan bisa dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh Indonesia maupun mancanegara. TempatĀ  liburan di Lombok ini semakin ramai pada akhir pekan ataupun musim-musim liburan sekolah.

Anda dapat menikmati suasana yang hijau dan segar di kompleks Taman Narmada. Ada banyak pepohonan yang ditata dengan cantik lengkap dengan kolam-kolam air. Taman ini memiliki bentuk berundak dengan pura di bagian atasnya. Konon bentuk ini merepresentasikan Gunung Rinjani dan kolam-kolamnya menggambarkan Danau Segara Anakan.

Mempelajari Kebudayaan Nusantara di Tempat Liburan di Lombok

Ada banyak kekayaan budaya di Lombok yang bisa dieksplorasi. Kekayaan budaya ini perlu untuk dilestarikan agar tidak semakin hilang terbawa zaman. Salah satu langkah untuk melestarikan kebudayaan ini adalah dengan membuat desa-desa wisata yang selain menarik untuk dikunjungi juga mengenalkan kebudayaan lokal Lombok pada wisatawan lokal dan dunia. Desa Sukarara adalah desa wisata yang ada di Lombok Timur dan telah menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik.

Desa Sukarara berada di Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah. Desa ini terkenal dengan kain tenun songketnya yang berkualitas baik. Anda dapat membeli kain tenun khas Lombok langsung dari perajinnya. Jika berkunjung ke tempat liburan ke Lombok ini Anda dapat melihat secara langsung aktivitas sehari-hari dari penduduk lokasl lengkap dengan tradisi yang masih dipegang. Salah satu tradisi unik yang ada di Desa Sukarara adalah adanya kewajiban setiap wanita untuk memiliki keterampilan menenun. Kaun wanita asli Desa Sukarara belum diizinkan untuk menikah jika belum dapat menenuk kain. Hal ini membuat sebagian besar wanita di Desa Sukarara berprofesi sebagai perajin kain tenun.

Jika berkunjung ke tempat liburan di Lombok ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba langsung untuk belajar menenun kain dengan alat-alat tradisional. Anda juga dapat membeli beberapa kain tenun songket untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas pulau Lombok. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, selain dapat menikmati suasana desa serta pemandangan yang indah, Anda juga dapat menambah wawasan budaya khas Lombok.