3 Desa Wisata Lombok Indonesia yang Unik Untuk Dikunjungi

Lombok memiliki keindahan yang eksotis dengan pesona alamnya yang masih asri. Banyak wisatawan yang memilih Lombok sebagai tujuan wisatanya karena alamnya yang bisa memberikan ketenangan. Wisata Lombok Indonesia telah ada berbagai macam destinasi mulai dari pantai, gunung, air terjun, wisata kuliner, hingga desa yang menjadi tempat wisata. Ada beberapa desa yang menjadi tempat wisata Lombok. Desa-desa tersebut memiliki potensi masing-masing dan daya pikat masing-masing. Desa yang perlu Anda kunjungi dengan segala keunikannya yaitu :

  1. Desa Sade

    desa sade
    desa sade

Desa Sade merupakan salah satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Desa ini terkenal karena masih mempertahankan suku Sasak. Suasana perkampungannya masih dibuat seperti aslinya dari penduduk pribumi asal Lombok. Hal ini terlihat pada bangunan tempat tinggalnya dimana rumahnya masih terkesan sangat tradisional dengan atap dari ijuk, kuda-kuda atap menggunakan bambu tanpa paku, tembok berasal dari anyaman bambu, dan lantai langsung dengan tanah. Penduduk asli Lombok di Desa Sade ini memiliki kebiasaan mengepel lantai dengan menggunakan kotoran kerbau. Dahulu belum banyak yang menggunakan plester semen tetapi untuk saat ini sudah banyak yang menggunakan plester semen dan kemudian barulah diolesi dengan kotoran kerbau. Cara ini dipercaya bisa membuat hangat lantai rumah dan bisa menjauhkan rumah dari nyamuk. Meski hanya menggunakan kotoran kerbau yang dicampur air, lantai rumah setelah diolesi kotoran kerbau tidak tercium bau yang tidak sedap. Hal ini menunjukkan masih mengakarnya tradisi bagi suku sasak Lombok ini. Rumah-rumah yang unik membuat Desa Sade bisa untuk wisata budaya khususnya mengenalkan suku asli Lombok dan segala tradisinya. Sehingga Desa Sade menjadi wisata Lombok Indonesia yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

  1. Desa Sukarara

    desa sukarare lombok
    desa sukarare lombok

Desa yang satu ini terletak di Lombok tengah yang letaknya berdekatan dengan pantai Tanjung Aan, pantai Kuta Lombok, Desa Banyumulek, dan Desa Sade. Desa ini banyak melahirkan perempuan-perempuan yang mahir dalam hal menenun. Hal ini dikarenakan Desa Sukarara sebagai penghasil kerajinan kain hasil tenun. Kain hasil tenun salah satunya adalah kain tenun songket. Kain ini wajib Anda pilih sebagai oleh-oleh setelah mengunjungi Lombok. Selain itu ada tradisi yang menyatakan bahwa seorang perempuan tidak boleh menikah jika belum bisa menenun. Maka di Desa Sukarara banyak perempuan yang menenun, bahkan diwajibkan untuk bisa dan mahir dalam menenun. Barulah jika sudah mahir dalam menenun, seorang perempuan sudah boleh menikah. Bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata Lombok Indonesia maka Desa Sukarara cocok untuk Anda kunjungi sebagai wisata budaya.

  1. Desa Banyumulek

    banyumulek lombok
    banyumulek lombok

Desa ini terletak di Lombok sebelah Barat dan sebesar 80% penduduknya bekerja sebagai pengrajin gerabah. Gerabah yang dibuat oleh masyarakat desa ini terbuat dari tanah liat. Gerabah-gerabah ini menjadi suatu ciri khas bagi desa Banyumulek dimana desa ini banyak menghasilkan kerajinan gerabah. Saat Anda berkunjung ke Lombok, Anda perlu mampir sebentar untuk berkunjung ke desa ini untuk belajar atau hanya sekedar melihat hasil kerajinan gerabah diproduksi. Potensi desa tersebut membuat desa ini menjadi salah satu wisata Lombok Indonesia yang semakin terkenal ke ranah mancanegara.

Anda perlu berkunjung ke desa-desa tersebut untuk berwisata budaya dan segala tradisi yang masih tertanam sampai sekarang ini. Desa-desa tersebut sebagai aset wisata Lombok Indonesia yang menghasilkan budaya dan tradisi.