Wisata Lombok Tengah Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat seringkali menjadi tujuan destinasi wisata, baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini tak terlepas dari keindahan alam, kelengkapan fasilitas yang tersedia hingga budaya dan adat setempat yang masih dipertahankan. Berkunjung ke Lombok, Anda tidak hanya akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Tapi juga merasakan sendiri bagaimana masyarakat di sana hidup dalam adat yang masih dijaga kental, mulai dari bentuk bangunan hingga serangkaian upacara adat. Wisata Lombok Tengah dapat menjadi pilihan bagi Anda saat berkunjung ke pulau ini. Terdapat setidaknya empat lokasi wisata pilihan yang harus dikunjungi.

Wisata Lombok Tengah Pantai Kuta dan Tanjung Aan

pantai kuta lombok
pantai kuta lombok

Sudah bukan rahasia lagi bahwa wisata Lombok Tengah terkenal akan keindahan pantai-pantainya yang luar biasa. Salah satunya yang bisa Anda nikmati adalah Pantai Kuta. Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa Pantai Kuta hanya ada di Bali. Padahal, di Lombok juga terdapat sebuah pantai dengan nama yang sama. Keindahannya juga tak kalah dengan pantai tersohor di Pulau Dewata tersebut. Jaraknya sekitar dua jam perjalanan dari pusat kota Mataram. Daya tarik utama pantai ini adalah pasir putihnya yang terhampar serta air yang sangat jernih. Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini, mulai dari berenang, snorkelling hingga surfing alias selancar. Selain Pantai Kuta, wisata Lombok Tengah berupa pantai yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Tanjung Aan. Pantai satu ini sudah sangat terkenal, baik di telinga wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasinya ada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini menawarkan sensasi yang berbeda. Pada salah satu sisinya, pasir pantai memiliki warna putih dan teksturnya halus. Sementara di ssi lain, teksturnya kasar serta bentuknya lebih mirip butiran merica. Itulah mengapa Pantai Tanjung Aan juga kerap disebut sebagai Pantai Merica. Kegiatan yang bisa dilakukan di sini di antaranya adalah berenang. Anda juga dapat mengabadikan gambar dengan latar belakang perairan yang jernih.

Wisata Lombok Tengah Desa Adat

wisata desa sukarara
wisata desa sukarara

Bosan dengan suasana pantai? Maka rasakanlah sensasi berbeda dari wisata Lombok Tengah di beberapa desa adat yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah Desa Sukarara. Di desa ini, Anda dapat melihat bagaimana proses penenunan kain songket khas Lombok. Anda juga bisa langsung belajar menenun dan membeli kain songket khas Lombok di sana. Proses penenunan kain juga masih menggunakan alat tradisional yang terbuat dari kayu. Desa ini sangat terkenal dan menjadi salah satu spot wisata favorit di Lombok Tengah. Penenun yang mengerjakan kain songket di sini kebanyakan adalah wanita. Kegiatan menenun telah dilakukan secara turun temurun selama beberapa generasi, sekaligus menjadi mata pencaharian masyarakat Desa Sukarara. Selain Desa Sukarara, desa adat lain yang termasuk dalam kawasan wisata Lombok Tengah adalah Desa Sade. Desa yang satu ini juga tidak kalah populer sebagai tujuan wisata adat di Lombok Tengah. Jika Desa Sukarara terkenal akan kerajinan kain songketnya, maka Desa Sade terkenal karena masih mempertahankan gaya hidup khas orang Sasak. Termasuk di antaranya adalah bangunan rumah yang sederhana serta kegiatan mengepel lantai menggunakan kotoran sapi. Di desa ini, Anda juga dapat belajar menenun kain songket serta membeli kain songket untuk oleh-oleh. Demikian adalah beberapa lokasi wisata di Lombok Tengah yang wajib untuk dikunjungi.