Wisata Air Terjun Sendang Gile Lombok

Air terjun Sendang Gile ini terletak di lokasi wisata alam yang masih tergolong ke dalam kawasan wisata alam Taman Nasional Gunung Rinjani, serta Air Terjun Sendang Gile ini berada di  ketinggian kurang lebih 600 meter diatas permukaan laut dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter.  Air Terjun Sendang Gile ini memiliki 2 tingkatan yaitu tingkatan pertama yang muncul dari atas tebing lalu jatuh ke dasar kolam yang ada di bawahnya. Air dari kolam air ini kemudian meluncur ke bawah dan membentuk tingkatan kedua yang selanjutnya akan jatuh dan membentuk sungai yang berada di bawah air terjun ini.

Pesona Air Terjun Sendang Gile Lombok

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

Air terjun ini memiliki air sungai yang relatif datar, sehingga aman apabila digunakan untuk bermain air serta banyak orang yang mandi di bawah Air Terjun Sendang Gile ini. Asal mula nama dari air terjun Sendang Gile ini diambil dari sebuah cerita penduduk setempat yang secara tidak sengaja menemukan air terjun saat berburu singa gila yang berada di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke dalam hutan. Disini juga terdapat hal menarik lainnya yaitu para penduduk setempat yang mempercayai bahwa Air Terjun Sendang Gile ini memiliki unsur magis yang mampu membuat seseorang menjadi lebih awet muda, 1 tahun dari usianya apabila membasuh muka atau mandi dengan air terjun tersebut.

Tidak jauh dari sini terdapat sebuah lokasi di mana anda juga bisa menemui 2 Air Terjun lainnya, yaitu Air Terjun Batara Lejang dan juga Air Terjun Tiu Kelep. Posisi kedua air terjun ini berada di atas Air Terjun Sendang Gile. Wisata Air Terjun Sendang Gile ini berjarak kurang lebih 60 km dari Ibu Kota Mataram menuju ke Desa Senaru, dan memerlukan waktu kurang lebih 2 hingga 3 jam dengan mengendarai kendaraan roda empat dari Pusat Kota Mataram untuk menuju ke Air Terjun Sendang Gile ini.

Lokasi Wisata AIr Terjun Sendang Gile Lombok

Terdapat dua jalur yang bisa dilewati, jalur pertama anda bisa menempuh melalui Pusuk dan jalur kedua melalui Pantai Senggigi. Tidak terdapat kendaraan umum untuk menuju langsung ke lokasi ini, oleh sebab itu para pengunjung biasanya akan menyewa kendaraan seperti rental-rental mobil maupun motor yang bisa ditemukan di Pusat Kota Mataram atau Cakranegara, setelah itu dari pintu masuk ke Desa Senaru ke lokasi Air Terjun anda harus menyusuri jalan dengan berjalan kaki menuruni 315 anak tangga dan juga melewati sebuah lembah yang cukup terjal hingga membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.

Selain itu Air Terjun Sendang Gile ini juga memiliki fasilitas serta akomodasi yang terdapat di kawasan wisata Air Terjun Sendang Gile, fasilitas dan akomodasi tersebut tidaklah terlalu banyak yang tersedia, hanya terdapat 1 unit toilet umum, serta tempat untuk ganti pakaian, dan juga terdapat rumah panggung kecil yang biasa digunakan untuk berteduh dan beristirahat.

Ketika anda sedang berwisata ke Air Terjun Sendang Gile  ini, anda disarankan untuk membawa makanan serta minuman maupun bekal dari rumah, dikarenakan tempat penjual makanan dan minuman disini hanya  terdapat di lapangan parkir dekat pintu masuk, dikarenakan pada lokasi air terjun tidak terdapat orang yang menjual makan maupun minuman di sini. Apabila anda ingin menginap disini juga terdapat homestay dengan harga kamar tidak terlalu mahal yaitu sekitar 150 ribu sampai 200 ribu untuk satu malamnya.

Demikian ulasan dari kami mengenai “Air Terjun Sendang Gile”. Semoga apa yang sudah saya sampaikan dan yang sudah saya ulas di atas pada artikel kali ini dapat menambah wawasan serta bermanfaat untuk Anda semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *